Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

About

Blogger news

Blogroll

Blogger templates

Kamis, 18 Oktober 2012

Desain Komunikasi Visual (Program Studi/Prodi)

Desain komunikasi visual adalah ilmu yang mengembangkan bentuk bahasa komunikasi visual berupa pengolahan pesan pesan untuk tujuan sosial atau komersial, dari individu atau kelompok yang ditujukan kepada individu atau kelompok lainnya. Pesan dapat berupa informasi produk, jasa atau gagasan yang disampaikan kepada target audience, dalam upaya peningkatan usaha penjualan, peningkatan citra dan publikasi program pemerintah. Pada prinsipnya dkv adalah perancangan untruk menyampaikan pola pikir dari penyampaian pesan kepada penerima pesan, berupa bentuk visual yg komunikatif, efektif, efisien dan tepat. terpola dan terpadu serta estetis, melalui media tertentu sehingga dapat mengubah sikap positif sasaran. elemen desain komunikasi visual adalah gambar/ foto, huruf, warna dan tata letak dalam berbagai media. baik media cetak, massa, elektronika maupun audio visual. akar bidang dkv adalah komunikasi budaya, komunikasi sosial dan komunikasi ekonomi. Tidak seperti seniman yang mementingkan ekspresi perasaan dalam dirinya, seorang desainer komunikasi visual adalah penterjemah dalam komunikasi gagasan. Karena itulah dkv mengajarkan berbagai bahasa visual yang dapat digunakan untuk menterjemahkan pikiran dalam bentuk visual.

HAL-HAL YANG ADA DI DKV :

CARA MEMBUAT STIKER CUTTING


Keberadaan stiker cutting di indonesia sudah lama dikenal, namun cara pembuatanya masih banyak orang belum mengetahuinya. Stiker cutting sama seperti stiker lainya namun yang membedakanya adalah dari segi proses pembuatan dan bahannya.
tahapan-tahapan didalam pembuatab stiker cutting meliputi:
1. Persiapan
2. membuat gambar
3. mencetak Gambar
4. Finishing
1.Persiapan
Hal pertama yang harus kita lakukan adalah mempersiapkan peralatan dan bahan-bahan stiker yang akan kita pakai atau digunakan dalam pembuatan stiker cuting
Peralatan:
- Gunting
- Pisau cuter
- Mistar atau penggaris
- komputer
- Mesin cutting stiker
Bahan - bahan stiker:
- Bahan stiker
- Tranfer tafe
Tranfer tape adalah sejenis lakban plastik bening yang tidak terlalu lengket kwalitas lemnya tidak seperti lakban umumnya yang kita kenal, tranfer tafe ini berfungsi sebagai penutup bagian atas stiker dan juga sebagai media transfer stiker untuk di tempelkan ditempat yang akan ditempel. kami memakai tranfer tape yang bermerk ABBA.
Untuk bahan stiker cutting kami sebagai penulis sering memakai bahan stiker yang bernama ABLAZE, namun banyak merk-merk lain juga yang bisa dipakai seperti : merk kiwalet,sunlight,prolite dll.
Setelah bahan dan peralatan tersedia maka pasang terlebih dahulu mesin cutting stiker ke komputer dan masukan sofware dan mulai menginstal sofwarenya mesin cutting ke komputer anda agar mesin dan komputer bisa terhubung atau konek

2. Membuat Gambar
Buatlah desain gambar atau tulisan yang akan dibuat sebagai model stiker, kami menyarankan agar memakai sofware corelldrawagar lebih mudah dan gampang dalam proses pengeditan gambar, setelah selesai eksporlah gambar tersebut ke sofware Artcut dimana sofware ini adalah sofwarebawaan dari mesin cutting
3. Mencetak Gambar
setelah gambar terbuka di artcut dan mesin cutting konek dengan komputer mulailah mencetak gambar yang telah kita persiapkan tadi, atur tekanan dan speed pada mesin cutting tersebut sebelum pencetakan dimulai karena ini sangat berpengaruh sekali pada hasil pencetakan gambar.lihat photo dibawah

4. Finishing
lakukan pengelupasan atau buang bagian-bagian bahan yang tidak tercetak tadi dengan sangat hati-hati dan pelan-pelan kalau untuk pemula karena kalau tidak hati-hati stiker yang kita cetak tadi bisa rusak atau gagal
setelah selesai barulah kita tutup stiker atay kita lapisi dengan tranfer tape.
kumpulan photo-photo tahapan pengerjaan stiker:

proses pencetakan stiker menggunakan mesin 
transper tape
hasil dari pengelupasan stiker
proses pengelupasan stiker
stiker udah jadi
proses pengelupasan atau pembuangan stiker 
Mesin Stiker cutting dan Bahan stiker  cutting

mudah kan cara membuatnya, mudah-mudahan bermanfaat bagi anda SELAMAT MENCOBA
 

Cara Membuat Design PIN

Cukup mudah sebetulnya untuk membuat design PIN, saya mencoba menjelaskan caranya menggunakan software yang simple-simple saja  yaitu Adobe Photoshop, cekiidottt..
1. Pertama buka Adobe Photoshop
2. Ambil Foto/Image/Gambar yang ingin di jadikan PIN

3. Buat lingkaran dengan menggunakan Elliptical Marquee Tool (M)

4. Tekan shift dan arahkan seleksi hingga kearah yg ingin di buat PIN, Lalu klik kanan Pilih Layer via Copy

5. Akan muncul di kanan bawah, tab layer yaitu Layer 1, hilangkan mata di Layer Background

6. Untuk membuat garis agar mudah di gunting Klik kanan Layer 1, pilih Blending Options, plih Stroke

7. Ubah Color menjadi warna hitam dan size ukuran 24, lalu OK

8.  Jika ingin menambahkan tulisan bisa menggunakan tool Horizontal Type Tool(T)

9. Klik di atas design, lalu tulis misalkan PreWedding Khalid – Endah

10. Crop bagian yang tidak perlu dan Design pun telah siap di print dan di buat PIN

Mudah bukan?? Selamat mencoba..

Cara membuat undangan Dengan Microsoft Word

pada hari ini, walau pun lagi malas Update artikel, tapi karena ada teman TKJ Comunity yang lagi pengen membuat kartu undangan pernikahan, sebenar nya si lagi gk moot, tapi ya uda la, terlanjur sudah ngetik, jadi di posting aja deh... he he he. Ok di sini saya membuat nya sederhana saja, saya menggunakan Ms.word sebagai alat nya, gak perlu photoshop,coreal draw atau software design lain, melainkan menggunakan vasilitas dari Ms.Word saja(namun harus terkonesi dengan Internet). cara nya adalah klik menu file lalu pilih NEW, eits... tapi sebelum nya saya menerangkan bahwa saya menggunakan Ms.Word 2010 jadi jika kamu menggunakan Ms.word 2003 dan yang lain, sehingga tampilan dan fasilitas berbeda, saya tidak ikut campur... he he he


Ok deh setelah klik New pilih invitation dengan Format dokumen blank document, lihat gambar di bawah ini.
 

Ok pilih saja template yang sesuai, pilih sub menu nya mau tema undangan bisnis, mau tema undangan kegiatan atau acara, mau tema undangan pesta, mau tema undangan pernikahan, mau tema undangan yang lain nya, terserah kamu saja, jika sudah menentukan pilihan setelah tema sudah di tentukan, klik tombol download, tunggu proses download nya, setelah proses download selesai entar akan tampil dokumen dengan tema yang anda inginkan, setelah itu tinggal di edit saja  tulisan nya :)
 mudah kan ???? he he he
Ini Dia hasil nya :)
lain kali saya akan membuat Undangan dengan Photoshop, tentu nya dengan Design yang jauh lebih baik dari punya nya Microsoft :) he he he sombong ni saya... :)
ya uda sekain dulu ya, mau istirahat sejenak


Cara membuat kartu nama sendiri dengan mudah menggunakan office 2007

Pengen punya kartu nama hasil rancangan sendiri tapi bingung cara bikinnya karena nggak tau harus pake program apa? Coba pake aja Microsoft Publisher 2007, caranya relatif mudah dan cepat. Berikut langkah membuatnya : 
1. Buka Microsoft Publisher 2007. 
2. Pilih Menu Business Cards dari Daftar Publication Types. 




3. Pada bagian tengah terlihat berrbagai macam template kartu nama yang tersedia. 
4. Pilih salah satu template yang kamu sukai. 
5. Masukkan data pribadi kamu pada kolom yang tersedia. 
6. Gambar dapat diubah diambil dari file yang ada dari komputer. 
7. Ubah warna, jenis font dan tata letak sesuai keinginan. 
8. Selesai dan sekarang tinggal cetak. Bila menginginkan kualitas yang bagus, kamu bisa mencetak kartu nama tersebut diatas kertas glossy. Atau bisa juga dibawa dan dicetak pada tempat percetakan.



Teknik Dasar Menggambar Perspektif

Teknik Dasar Menggambar Perspektif

Teknik ini tercipta karena keterbatasarn jarak pandang mata kita dalam melihat objek. Semakin jauh jarak mata dengan benda, semakin kecil pula penampakannya dan bahkan akan hilang dari pandangan pada jarak tertentu. Sebaliknya, semakin dekat jarak mata kita dengan benda, maka benda tersebut akan terlihat semakin besar. Secara teknis, perspektif terdiri dari perspektif satu titik mata, 2 titik mata, dan tiga titik mata.

A. Perspektif 1 Titik Mata

Pada dasarnya, perspektif satu titik mata, dua titik mata, dan tiga titik mata bisa dibagi lagi menjadi berbagai sudut pandang berdasarkan posisi mata kita berada. Lebih sederhananya, sudut pandang bisa dibagi menjadi menjadi 3 macam sudut pandang, yaitu sudut pandang mata burung, sudut pandang normal, sudut pandang mata kucing.



a. Sudut pandang mata burung. 
Pada sudut pandang mata burung, mata kita seolah-olah berada di atas dan melihat objek berada di bawah. Jadi, letak garis horizon berada pada garis itu, bisa di bagian kiri, tengah, atau kanan. Bahkan bisa juga ditelakkan di luar bidang gambar. Setiap objek yang digambar, garisnya bersumber dari titik mata.

b. Sudut pandang normal 
Pada sudut pandang normal, diri kita seolah-olah berdiri normal memandang lurus kedepan. Dengan demikian, bagian atas dan bagian bawah nya terlihat seimbang. Letak garis horizon tepat di tengah-tengah bidang dan titik mata bisa diletakkan di mana saja pada garis tersebut. Semua objek yang digambar garisnya berasal dari satu titik mata.

c. Sudut pandang mata kucing 
Pada sudut pandang ini, seolah-olah mata kita dalam posisi tiarap dan melihat kedepan sehingga penampakan objek bagian atas akan lebih domain. Letak Garis horizon di bagian bawah bidang gambar dan letak titik hilang pada garis horizon. TItik mata ini dijadikan pusat untuk menarik garis dalam menggambarkan setiap objek benda.


B. Perspektif 2 Titik Mata



Secara teknis, perspektif 2 titik mata hampir sama dengan teknik perspektif 1 titik mata. Pada teknik perspektif 2 titik mata, pada garis horizon terdapat 2 titik fokus. Persimpangan garis yang berasal dari 2 titik mata ini akan membentuk sebuah sudut. Biasanya, jika jarak antara 2 titik ini terlalu dekat, penampakan objek gambar mengalami distorsi. Tahapan untuk menggambar teknik perpektif 2 titik mata juga hampir sama dengan teknik perspektif 1 titik mata, 
C. Perspektif 3 Titik Mata



Perspektif dengan 3 titik mata biasanya hanya dipakai untuk menggambarkan sesuatu yang sangat luas, besar, tinggi, dan secara visual mengalami distorsi yang sangt ekstim.

Biasanya teknik ini dipakai untuk menggambar outdoor dan sudut pandang dari udara, meskipun bisa juga dipakai untuk sudut pandang dari bawah(sudut pandang mata kucing). Agar tidak mengalami distorsi yang berlebihan, sebaiknya titik mata diletakkan jauh diluar bidang gambar.

Pada dasarnya, teknik dan tahapan menggambar perspektif 3 titik mata ini hampir sama dengan teknik menggambar dengan perspektif 1 dan 2 titik mata.
Garis horizon tidak selamanya harus diletakkan horizontal, namun bisa juga diagonal untuk menggambarkan impresi yang berbeda.

Menentukan Sudut Pandang dan Titik Mata

Kadang kita menemui gambar perspektif yang terlihat tidak seimbang atau beberapa furniturnya terpotong. Permasalahan ini dapat di atasi dengan cara:
  - Garis Horison dapat diturunkan atau dinaikkan sehingga bagian objek dapat terjangkau oleh sudut
    pandang pengamat.
  - Kedudukan pengamat dimundurkan lebih jauh dari bidang gambar sehingga seluruh bagian objek dapat
    terjangkau oleh sudut pandang pengamat.

Untuk menentukan titik mata dapat dengan cara menentukan terlebih dahulu bagian ruang yang akan ditampilkan secara maksimal. Pada perspektif satu titik, bila bagian ruang yang akan ditampilkan adalah bagian kanan, maka titik mata cenderung berada di sebelah kiri menjauhi garis normal dan bagian kanan ruang pada gambar. Cara ini berlaku untuk bagian ruang lainnya (kiri, atas dan bawah). Sedangkan pada perspektif dua titik, bila bagian ruang yang akan ditampilkan adalah bagian kanan, maka titik mata sebelah kiri akan menjauhi dan titik mata kanan akan mendekati bagian kanan ruang pada gambar.

Read more...
separador

Sikap K3LH

Prinsip K3( Kesehatan, Keselamatan Kerja )

A. prinsip-prinsip kesehatan dan keselamatan kerja (k3)Dalam dunia industri atau perkantoran, pendidikan yang menggunakan komputer dalam jumlah yang banyak, kesehatan dan keselamatan kerja tentu menjadi faktor yang sangat penting.Para pengguna komputer pribadi pun perlu menerapkan prinsip menjaga kesehatan dan keselamatan kerja menurut petunjuk yang sudah ada. Seorang yang sehari-hari menggunakan komputer baik untuk pekerjaan, pendidikan, ataupun hobi tetap harus memperhatikan prinsip-prinsip kesehatan agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan.Gangguan kesehatan yang mungkin muncul akibat penggunaan komputer adalah:
 

1. gangguan pada mata
2. gangguan pada kepala
3. gangguan pada tangan
4. gangguan pada badan
 

Salah satu peralatan komputer yang berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan adalah monitor. Seperti kita ketahui, layar monitor memancarkan radiasi atau pemancaran partikel-partikel elementer dan energi radiasi. Energi radiasi dapat mengeluarkan elektron dari inti atom sehingga atom menjadi muatan positif dan disebut ion positif. Sementara itu, elektron yang dikeluarkan dapat tinggal bebas atau mengikat atom netral lainnya dan membentuk ion negatif. Hal ini dapat menimbulkan dampak buruk pada atom-atom di tubuh kita. Radiasi yang dipancarkan monitor komputer antara lain berupa:
 

1. sinar-X
2. sinar ultraviolet
3. gelombang mikro
4. radiasi elektromagnetik frekuensi sangat rendah


Gangguan kesehatan yang diduga timbul akibat radiasi komputer adalah penyakit katarak.Untuk itu, setiap pengguna komputer perlu mengatur waktu pemakaian komputer. Jika Anda harus bekerja di depan komputer dalam jangka waktu yang lama, usahakan untuk mengatur waktu jeda agar tidak terus menerus menatap layar monitor.Selain radiasi yang ditimbulkan oleh monitor komputer, kita perlu memperhatikan pula faktor-faktor lain yang berpotensi menimbulkan gangguan kesehatan, yaitu posisi tubuh, posisi peralatan, pencahayaan ruangan, dan kondisi lingkungan (suhu, kualitas udara dan gangguan suara). Menggunakan komputer dengan posisi tubuh yang benar, akan memberikan kenyamanan saat bekerja. Dengan posisi tubuh yang rileks, kita dapat bekerja secara efektif dan kesehatan kita pun akan terjaga. Ilmu yang mempelajari bagaimana mengatur posisi duduk yang baik dan benar di depan komputer disebut ergonomi. Kenyamanan yang dibutuhkan antara lain keadaan user maupun hardware atau perangkat keras komputer ;







Posisi tubuh yang benar
Bagian kepala dan leher
Aturlah agar posisi kepala dan leher anda tegak dengan pandangan lurus ke depan. Dengan posisi ini, anda akan sanggup bertahan lebih lama di depan komputer dan tidak cepat merasa lelah. Posisi leher yang terlalu lentur dan kepala menengadah atau menunduk saat menghadap monitor tidak dibenarkan karena akan membuat anda cepat lelah.
  • Bagian punggung
Duduk dengan punggung yang tegak dan rileks merupakan posisi yang benar saat menggunakan komputer. Badan yang terlalu membungkuk, terlalu miring ke kiri atau ke kanan, dapat menimbulkan rasa sakit. Usahakan agar seluruh punggung tersangga dengan baik oleh sandaran kursi.
  • Bagian pundak
Aturlah posisi pundak sedemikian rupa agar otot-otot pundak tidak tegang. Usahakan agar pundak tidak terlalu ke bawah atau terlalu tegak
  • Posisi lengan dan siku
Posisi lengan yang baik adalah berada di samping badan dan siku membentuk sudut lebih besar dari 90 derajat.bagian kaki
Gunakan sandaran kaki atau footrest sehingga tungkai berada dalam posisi yang nyaman.
Posisi monitor yang benar :
  • letakkan monitor di ruangan dengan pencahayaan yang cukup (tidak terlalu terang dan tidak terlalu redup)
  • atur posisi monitor agar berada tepat di depan mata Anda
  • aturlah kecerahan monitor agar cahaya yang keluar tidak terlalu terang atau terlalu redup
  • gunakan filter screen (filter monitor) untuk meredam radiasi.
·    Monitor CRT menggunakan listrik tegangan tinggi dan membutuhkan daya yang cukup besar. Hindarkan monitor dari percikan air karena dapat menimbulkan hubungan pendek atau korsleting yang dapat membahayakan keselamatan Anda.
Tanpa disadari bekerja dengan komputer ternyata membawa dampak yang kurang menyehatkan bagi kesehatan mata kita, untuk meminimilisasi hal tersebut berikut tips singkat menjaga mata dari sengatan radiasi komputer. Tanda-tanda dampak radiasi tersebut biasanya mata sering terasa kabur, mata berkunang-kunang, kepala agak pusing. Monitor berpengaruh pada kesehatan mata karena mengeluarkan radiasi. Untuk mengurangi keluhan pada mata, lakukan hal-hal berikut:
1.Pilihlah monitor yang berbentuk LCD/plasma.karena monitor ini dipercaya lebih baik daripada monitor yang model lama.Jika anda punya cukup uang,bisa membeli VGA yang bagus agar warna monitor tidak melelahkan mata.

2.Jagalah jarak mata anda dengan monitor komputer.idealnya jarak mata ke komputer adalah 30 cm.

3. Letakkan monitor sejajar dengan mata anda.jangan terlalu rendah dan jangan terlalu tinggi.usahakan saat anda melihat komputer rasanya enak dan nyaman

4. Atur warna pada layar monitor sehingga enak dipandang mata.jangan terlalu terang karena dapat menyebabkan mata anda menjadi silau.juga jangan terlalu gelap,karena akan menyebabkan mata anda bekerja terlalu keras sehingga membuat mata menjadi cepat kering.

5. Atur screen refresh rate menjadi 75 htz..caranya jika anda pakai windows XP klik kanan pada desktop-properties-setting-advanced-monitor-lihat kolom screen refresh rate.atur menjadi 75 htz.

6. Sesering mungkin kedipkan mata.karena dengan kita mengedipkan mata,akan merangsang kelenjar airmata untuk mengeluarkan air mata yang berfungsi membuat mata menjadi basah dan lembab.jika anda jarang mengedipkan mata,maka mata akan menjadi kering.jika dipaksakan terus mata akan menjadi sakit dan akhirnya memerah.bila perlu anda bisa membeli obat tetes mata untuk membuat mata selalu dalam keadaan basah.

7. Perhatikan cahaya disekitar ruangan tempat anda menggunakan komputer.usahakan ruangan cukup pasokan cahaya.jangan menggunakan komputer di ruangan yang gelap(tidak cukup cahaya).

8. Setelah penggunaan komputer dalam jangka waktu yang lama,istirahatkan mata minimal 15 menit.anda bisa melihat lihat keluar ruangan untuk menyegarkan mata.usahakan untuk melihat objek yang berwarna hijau seperti pepohonan dan daun daunan.karena menurut para peneliti,warna hijau mampu membuat mata kembali segar.

Penggunaan mouse yang benar :
Letak mouse yang benar adalah di samping keyboard. Sesuaikan tangan yang biasa Anda gunakan untuk bekerja. Jika Anda bekerja dengan tangan kiri, letakkan mouse di sebelah kiri keyboard dan aturlah agar setting mouse menjadi left handed melalui sistem operasi. Penggunaan Mouse Ketika menggunakan mouse usahakan agar pergelangan tangan berada pada posisi tidak menggantung atau lebih rendah dari mouse.


Penggunaan keyboard yang benar :
Di masa sekarang ini telah tersedia berbagai macam produk keyboard yang ditujukan agar anda nyaman mengetik, meski dalam waktu lama. Namun yang lebih penting adalah bagaimana anda mengatur postur dan posisi tubuh anda, terutama lengan anda, sehingga anda bisa menghindari kelelahan dan cedera.Untuk itu ada baiknya mengikuti nasehat Stephanie Brown, seorang guru piano asal Amerika, dalam majalah "Her World". "Ikutilah disiplin pemain piano yang sedang pentas," katanya. Stephanie memberi lima petunjuk untuk diterapkan saat anda mengetik pada keyboard.
1. Sejajarkan pergelangan tangan dengan telapak tangan
    Upayakan pergelangan tangan anda selalu sejajar dengan telapak tangan. Lemaskan pergelangan tangan anda seperti mengambang. Jangan tegang.
2. Posisi siku menggantung
    Pastikan siku anda dalam posisi bebas menggantung. Menyandarkan siku pada sandaran kursi saat mengetik, selain menyulitkan anda untuk mengetik, juga membuat anda tegang dan cepat lelah.
3. Lemaskan jari telunjuk dan jari manis anda
    Kunci mengetik tanpa lekas lelah adalah melemaskan seluruh jari anda. Jangan kaku dan tegang. Biarkan lemas, rileks, apa adanya.
4. Tekan tombol dengan tenang
    Jangan menekan tombol dengan kuat atau mengalirkan kekuatan penuh pada tangan anda. Ingat, anda sedang mengetik, bukan memukul tombol keyboard.
5. Bila tidak sedang mengetik
    Lemaskan keseluruhan tangan bila sedang tidak memencet tombol di keyboard. Keadaan anda sebelum mengetik juga mempengaruhi kondisi anda di saat mengetik.
Posisi meja dan kursi :
Aturlah meja dan kursi sedemikian rupa hingga posisi duduk Anda di depan monitor lebih nyaman, dan Anda dapat menjangkau keyboard dan mouse dengan mudah. Selain diatur posisinya, perangkat keras komputer harus dijaga dengan baik karena perangkat-perangkat tersebut menggunakan listrik.
Posisi Kotak CPU :
Kotak CPU yang diletakkan di lantai dan tidak dilengkapi dengan ground dapat
mengalirkan listrik saat kita menyentuhnya tanpa alas kaki. Untuk menghindari korsleting, kotak CPU sebaiknya diletakkan di yang aman, misalnya di atas meja. Kotak CPU dapat ditanahkan (grounded) dengan cara dihubungkan ke tanah atau tembok menggunakan seutas kawat tembaga. Karena CPU membutuhkan konsumsi listrik yang besar, maka kita harus menjauhkannya dari benda-benda cair dan binatang atau serangga untuk menghindari korsleting.
Posisi Kabel-Kabel :
Aturlah susunan kabel secara baik dan rapi. Periksala stop kontak atau sumber listrik, jangan sampai ada yang longgar karena aliran listrik yang tidak stabil berpotensi merusak perangkat keras komputer dan mengakibatkan korsleting.
SIKAP KERJA DI RUANG TEKNIK INFORMATIKA
Prinsip Kerja
  1. Berpakaian rapi dan sopan
  2. Memakai pakaian /jas laboratorium
  3. Mengisi bon alat sesuai dengan jenis dan jumlah alat yang dibutuhkan setiap praktikum
  4. Menggunakan peralatan praktikum dengan hati hati dan sesuai dengan petunjuk penggunaan
  5. Mengisi buku penggunaan alat selama praktek
  6. Tidak bergurau dalam lab
  7. Tidak makan dan minum atau merokok dalam lab
  8. Menjaga keselamatan kerja dalam menggunakan peralatqan selama praktikum berlangsung
  9. Menjaga kebersihan lab
  10. Mengembalikan peralatan laboratorium yang di pinjam setelah selesai praktikum dalam keadaan bersih dan sesuai dengan jumlah pada saat bon / pinjam peralatan
  11. Peralatan di lab komputer yang mungkin membuat ruangan yang paling mahal di sekolah. pedoman khusus harus ditetapkan untuk memastikan bahwa mesin tidak rusak dan digunakan untuk potensi mereka sepenuhnya: Berikut adalah beberapa contoh dari disiplin komputer lab berurusan dengan peralatan:
          12. Tidak ada makanan atau minuman diperbolehkan dalam laboratorium.
          13. Ransel tidak diperbolehkan di laboratorium atau dimasukkan di dalam loker masing-masing
          14. Jika ditemui masalah selalu meminta bantuan guru tidak pernah mencoba untuk "memperbaiki" sendiri.
Kesimpulan :
Kita perlu mengetahui ketentuan penggunaan perangkat keras PC dan periferalnya demi kesehatan dan keselamatan kerjakita. Setting dan posisi perangkat keras serta posisi tubuh pada saat bekerja harus kita perhatikan agar terhindar dari dampak buruk penggunaan teknologi informasi dan komunikasi komputer. Kelalaian atau kecerobohan dapat mendatangkan efek negatif yang membahayakan kesehatan kita.yang akan berdampak buruk pada kinerja kita.
Read more...
separador
MERAKIT PC




















Read more...
separador

Followers